BAB I
PENGUMPULAN DAN
PENGOLAHAN DATA
1.1
Pengumpulan
Data
1.1.1
Data
Umum Perusahaan
A.
Biodata
Perusahaan
Nama
Perusahaan : PD. Karet Abadi Jaya
Alamat :Jl.
Raya Cikadongdong Cipawitra Mangkubumi Kota Tasikmalaya
Jenis
Usaha : Daur
Ulang Karet menjadi karet olahan
Pemilik Usaha :
Tn. Aldi
Sumber
Modal :Sendiri
B.
Kegiatan
Usaha Perusahaan
PD. Karet Abadi Jaya memusatkan pada aktivitas usaha
daur ulang sampah berbahan dasar karet sebagai bahan pembuatan sol sepatu sadal
dan pembuatan sol sepatu sandal dengan tujuan menciptakan lapangan pekerjaan
bagi masyarakat disekitar pabrik/
Dibawah ini akan diuraikan mengenai bahan baku yang
digunakan dalam proses dan jangkauan
pemasaran yaitu sebagai berikut :
a. Bahan
Baku
PD.
Karet Jaya Abadi dalam proses produksinya memanfaatkan sebagai bahan baku utama
yaitu karet bekas yang berasal dari sol
sepatu bekas dan benda-benda yang mengandung unsure karet, Dan menggunakan
bahan tambahan yaitu bibit karet, pewarna kimia, dan bahan campuran yang membuat
karet lebih solid teksturnya.
b. Proses
Produksi
Proses
produksi yang dijalankan oleh PD. Karet Jaya Abadi melalui beberapa taha[an
yaitu : Penghalusan karet bekas, pencucian, penjemuran, pencampuran, pemanasan,
pengepressan, dan pembungkusan.
Adapun
tahapannya bisa diuraikan sebagai berikut :
-
Penghalusan
Karet
bekas yang dikumpulkan disortir dan dimasukan kedalam mesin penghalus.
-
Pencucian
Bahan
yang dihaluskan dicuci untuk memisahkan bahan dengan bahan non karet.
-
Penjemuran
Bahan
yang sudah dicuci kemudian dijemur dilapangan untuk menghilangkan kandungan air
yang ada dari sisa pencucian
-
Pencampuan
Bahan
yang sudah dijemur dikomposisikan dengan bahan campuran karet yaitu bibit
karet, pewarna kimia, oli, dan serbuk putih. Semua bahan dimasukan kedalam mesin
pencampur yang mempunyai daya panas.
-
Pemanasan/pemasakan
Bahan
yang sudah dicampur dipanaskan didalam mesin pencampu yang mempunyai panas guna
campuran dapat menyatu dengan sempurna.
-
Pengepressan
Bahan
yang sudah dipanaskan dimasukan kedalam mesin press untuk membentuk karet
olahan menjadi lembaran-lembaran panjang
-
Pembungkusan
Setelah
karet olahan dibentuk lembaran kemudian karet tersebut disimpan diatas meja
panjang untuk dibungkus dan dicetak menjadi sol untuk bagian bawah sepatu dan
sandal.
c. Hasil
Produksi
Kegiatan
produksi yang dilakukan oleh perusahaan adalah suatu kegiatan dari perubahan Input(bahan baku) menjadi output( hasil produksi). Dalam kegiatan
usahannya PD. Karet Jaya Abadi telah memproduksi karet olahan dan sol sepatu
dan sandal.
d. Jangkauan
Daerah Pemasaran
Dapun
daerah pemasaran PD. Karet Jaya Abadi adalah para pengusaha pembuatan sandal
didaerah Kawalu, Tamasari, dan Cibeureum Kota Tasikmalaya.
1.2
Pengolahan
Data
Dalam penelitian bidang produksi ini diambil objek
penelitian proses produksi pembuatan karet olahan dengan menganalisa Activity
Relationship Diagram ( ARD ).
Activity Relationship Diagram ( ARD ) yaitu suatu
diagram yang menggambarkan hubungan antara aktivitas ( departemen atau mesin )
berdasarkan tingkat prioritas kedekatannya, sehingga dengan demikian diharapkan
akan meminimumkan Ongkos Material Handling (OMH). Selain tata letak fasilitas (
ARD ), Ongkos Material Handling juga dapat dipengaruhi oleh fasilitas alat angkut yang digunakan. Jika kedua hal
tersebut telah berfungsi secara optimal, diharapkan biaya produksi menjadi
minimum ( efisien ).
1.2.1
Lagkah-langkah
Kerja Produksi
Seperti setelah diuraikan diatas mengenai definisi
peta proses operasi dan dari hasil observasi dilapangan maka didapat
digambarkan langkah-langkah kerja dan bahan-bahan yang diproses di PD. Karet
Abadi Jaya yaitu sebagai berikut :
A. Pembuatan
Karet Olahan
Bahan
karet bekas kapasistas system per hari 1000 kg
Tabel Peta Proses Produksi
Operasi
|
No. Urut
|
% Scrap
|
Waktu ( menit )
|
Penghalusan
|
0-1
|
10%
|
120
|
Pencucian
|
0-2
|
0%
|
60
|
Penjemuran
|
0-3
|
0%
|
360
|
Penimbangan
|
0-4
|
0%
|
2
|
Pencampuran
|
0-5
|
0%
|
10
|
Pemanasan/pemasakan
|
0-6
|
0%
|
10
|
Pengepressan
|
0-7
|
0%
|
10
|
Pembungkusan
|
0-8
|
0%
|
10
|
PETA PROSES OPERASI
1.2.2
Tata
Letak Fasilitas ( ARD ) Perusahaan
Gambar
( ARD ) Perusahaan
Dengan melihat tata letak fasilitas atu activity
relationship diagram yang dipakai perusahaan ini kurang efektif sehingga proses
produksi pembuatan karet olahan
memerlukaan waktu yang cukup lama sehingga mengakibatkan bertambahnya
cost produksi.
Diketahui luas lantai yang ada :
Ruang
|
Luas ruang
|
Receiving
|
84 m2
|
Penghalusan
(F1)
|
224 m2
|
Pencucian
(F2)
|
80,4 m2
|
Penjemuran
(F3)
|
238 m2
|
Penimbangan
(F4)
|
50 m2
|
Pencampuran
(F5)
|
70 m2
|
Pemanasan/pemasakan
(F6)
|
70 m2
|
Pengepressan
(F7)
|
70 m2
|
Pembungkusan
(F8)
|
112 m2
|
Shipping
(F9)
|
80,4 m2
|
Pengolahan data dilakukan untuk menentukan tata
letak atau Activity Relationship Diagram ( ARD ) yang lebih efektif dari cara
yang dijalankan perusahaan yaitu dengan menentukan Activity Relationship Diagram ( ARD ).
1.2.3
Menentukan
Jarak Antara Mesin
Setelah mengetahui Activity Relationship Diagram (
ARD ) maka bisa ditentukan jarak antara mesin, untuk menetukan jarak pada
Ongkos Material Handling (OMH), yaitu sebagai berikut :
A. Rec
ke F1 =
=
=
12
B. F1
ke F2 =
=
=
12 m
C. F2
ke F3 =
=
=
12 m
D. F3
ke F4 =
=
= 11 m
E. F4
ke F5 =
=
=
8 m
F. F5
ke F6 =
=
=
8 m
G. F6
ke F7 =
=
=
8 m
H. F7
ke F8 =
=
=
9 m
I. F8
ke F9 =
=
= 10 m
1.2.4
Menentukan
Ongos Material Handling (OMH) cara Perusahaan
Yaitu untuk
menghitung total ongkos pemindahan bahan mulai dari gudang bahan baku melalui
proses (menggunakan mesin atau alat) hingga kegudang barang jadi ( Shipping ).
Tabel
Ongkos Material Handling (OMH)
Dari
|
Ke
|
Nama Komponen
|
Potongan Material (Kg)
|
Produk perjam (Kg)
|
Jumlah tiap bentuk
|
Berat Total ( kg )
|
Alat angkut
|
OMH Rp/m/gerakan
|
Jarak (m)
|
F
|
Total Ongkos ( Rp )
|
Receiving
|
Penghalusan
|
Karet
Bekas
|
50
|
500
|
1
|
1000
|
Orang
|
100
|
12
|
20
|
24000
|
Penghalusan
|
Pencucian
|
Karet
Bekas
|
50
|
300
|
1
|
900
|
Orang
|
100
|
12
|
18
|
21600
|
Pencucian
|
Penjemuran
|
Karet
Bekas
|
50
|
200
|
1
|
900
|
Orang
|
100
|
12
|
18
|
21600
|
Penjemuran
|
Penimbangan
|
Karet
Bekas
|
50
|
600
|
1
|
900
|
Orang
|
100
|
11
|
18
|
19800
|
Penimbangan
|
Pencampuran
|
Karet
Bekas
|
50
|
100
|
1
|
900
|
Orang
|
100
|
8
|
18
|
14400
|
Pencampuran
|
Pemanasan/pemasakan
|
Karet
campuran
|
50
|
100
|
1
|
700
|
Orang
|
100
|
8
|
14
|
11200
|
Pemanasan/pemasakan
|
Pengepressan
|
Karet
olahan
|
50
|
250
|
1
|
700
|
Orang
|
100
|
8
|
14
|
11200
|
Pengepressan
|
Pembungkusan
|
Karet
olahan
|
50
|
200
|
1
|
700
|
Orang
|
100
|
9
|
14
|
12600
|
Pembungkusan
|
Shipping
|
Karet
olahan
|
50
|
300
|
1
|
700
|
Orang
|
100
|
10
|
14
|
14000
|
Total
|
150400
|
·
Alat
angkut : Orang
·
Kapasitas
Angkut : 50 Kg
·
Ongkos/m/gerakan : Rp. 100
1.2.5
Menentukan
From to Chart
Yaitu
untuk menghitung total ongkos pemindahan bahan dari mulai gudang bahan baku.
Table From To Chart
TO
|
Rec
|
F1
|
F2
|
F3
|
F4
|
F5
|
F6
|
F7
|
F8
|
Ship
|
TOTAL
|
Recaiving ( Rec )
|
|
24000
|
|
|
|
|
|
|
|
|
24000
|
Mesin Giling ( F1 )
|
|
|
21600
|
|
|
|
|
|
|
|
21600
|
Ms. Pencucian (F2)
|
|
|
|
21600
|
|
|
|
|
|
|
21600
|
Lap. Penjemuran (F3)
|
|
|
|
|
19600
|
|
|
|
|
|
19800
|
Timbangan (F4)
|
|
|
|
|
|
14400
|
|
|
|
|
14400
|
Ms. Press I (F5)
|
|
|
|
|
|
|
11200
|
|
|
|
11200
|
Ms. PressI (F6)
|
|
|
|
|
|
|
|
11200
|
|
|
11200
|
Ms. Press II (F7)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12600
|
|
12600
|
Pembungkusan (F8)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14000
|
14000
|
Ship
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
-
|
Total
|
-
|
24000
|
21600
|
21600
|
19800
|
14400
|
11200
|
11200
|
12600
|
14000
|
150400
|
1.2.6
Menentukan
In Flow
Yaitu
untuk menghitung indek ongkos pemindahan barang dari masing-masing kelompok
mesin yang masuk.
Tabel In Flow
TO
|
Rec
|
F1
|
F2
|
F3
|
F4
|
F5
|
F6
|
F7
|
F8
|
Ship
|
TOTAL
|
Recaiving ( Rec )
|
|
1,00
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1,00
|
Mesin Giling ( F1 )
|
|
|
1,00
|
|
|
|
|
|
|
|
1,00
|
Ms. Pencucian (F2)
|
|
|
|
1,00
|
|
|
|
|
|
|
1,00
|
Lap. Penjemuran (F3)
|
|
|
|
|
1,00
|
|
|
|
|
|
1,00
|
Timbangan (F4)
|
|
|
|
|
|
1,00
|
|
|
|
|
1,00
|
Ms. Press I (F5)
|
|
|
|
|
|
|
1,00
|
|
|
|
1,00
|
Ms. PressI (F6)
|
|
|
|
|
|
|
|
1,00
|
|
|
1,00
|
Ms. Press II (F7)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1,00
|
|
1,00
|
Pembungkusan (F8)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1,00
|
1,00
|
Ship
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Total
|
|
1,00
|
1,00
|
1,00
|
1,00
|
1,00
|
1,00
|
1,00
|
1,00
|
1,00
|
9,00
|
1.2.7
Menetukan
Out Flow
Yaitu
untuk menghitung indek ongkos pemindahan barang dari masing-masing kelompok
mesin yang keluar.
Tabel Out Flow
TO
|
Rec
|
F1
|
F2
|
F3
|
F4
|
F5
|
F6
|
F7
|
F8
|
Ship
|
TOTAL
|
Recaiving ( Rec )
|
|
1,11
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1,11
|
Mesin Giling ( F1 )
|
|
|
1,00
|
|
|
|
|
|
|
|
1,00
|
Ms. Pencucian (F2)
|
|
|
|
1,09
|
|
|
|
|
|
|
1,09
|
Lap. Penjemuran (F3)
|
|
|
|
|
1,37
|
|
|
|
|
|
1,37
|
Timbangan (F4)
|
|
|
|
|
|
1,28
|
|
|
|
|
1,28
|
Ms. Press I (F5)
|
|
|
|
|
|
|
1,00
|
|
|
|
1,00
|
Ms. PressI (F6)
|
|
|
|
|
|
|
|
0,88
|
|
|
0,88
|
Ms. Press II (F7)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
0,9
|
|
0,9
|
Pembungkusan (F8)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
-
|
-
|
Ship
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
-
|
Total
|
-
|
1,11
|
1,00
|
1,09
|
1,37
|
1,28
|
1,00
|
0,88
|
0,9
|
-
|
8,63
|
1.2.8
Menetukan
Tabel skala Prioritas
Tabel Skala Prioritas
Departemen
|
Kode
|
Prioritas
|
Recaiving
|
Rec
|
Rec,F1
|
Mesin Giling
|
F1
|
F1,F2
|
Ms. Pencucian
|
F2
|
F2,F3
|
Lap. Penjemuran
|
F3
|
F3,F4
|
Timbangan
|
F4
|
F4,F5
|
Ms. Press I
|
F5
|
F5,F6
|
Ms. PressI
|
F6
|
F6,F7
|
Ms. Press II
|
F7
|
F7,F8
|
Pembungkusan
|
F8
|
F8,Ship
|
Dari
hasil revisi tata letak fasilitas ( ARD ) yang telah dilakukan tidak merubah
tata letak fasilitas ( ARD ) yang ada, hal ini terjadi dengan pertimbangan
keadaan tempat tidak memungkinkan untuk adanya perubahan dikarenakan sumber air
yang digunakan untuk mencuci bahan tidak mungkin dipindahkan, kemudian tempat
penjemuran yang adapun tidak mungkin dipindahkan karena tempat tersebut
mempunyai penyinaran matahari yang sempurna, guna menyempurnakan proses
pengeringan bahan. Maka di dapat kesimpula sementara bahwa jika jarak antara
departemen tidak berubah maka Ongkos Material Handling (OMH) yang timbul tidak
akan berubah. Begitu pula jika alat yang digunakan sama. OMH akan berubah jika
alat angkut yang digunakan berubah.
Maka
OMH hasil revisi yang telah dilakukan, karena alat angkutnya sama (orang), maka
besar OMH sama dengan OMH sebelumnya yaitu sebesar Rp. 150.400,-
1.2.9
Menentukan
Activity Relationship Diagram (ARD) Revisi
Seperti
yang sudah dijelaskan diatas bahwa Activity Relationship Diagram (ARD) Revisi
tidak mengalami perubahan, maka Activity Relationship Diagram (ARD) Revisi
adalah sebagai berikut :
Gambar
( ARD ) Perusahaan
Dengan tidak adanya perubahan Activity Relationship
Diagram (ARD), maka Ongkos Material Handlingpun tidak mengalami perubahan yaitu
:
Tabel
Ongkos Material Handling (OMH)
Dari
|
Ke
|
Nama Komponen
|
Potongan Material (Kg)
|
Produk perjam (Kg)
|
Jumlah tiap bentuk
|
Berat Total ( kg )
|
Alat angkut
|
OMH Rp/m/gerakan
|
Jarak (m)
|
F
|
Total Ongkos ( Rp )
|
Receiving
|
Penghalusan
|
Karet
Bekas
|
50
|
500
|
1
|
1000
|
Orang
|
100
|
12
|
20
|
24000
|
Penghalusan
|
Pencucian
|
Karet
Bekas
|
50
|
300
|
1
|
900
|
Orang
|
100
|
12
|
18
|
21600
|
Pencucian
|
Penjemuran
|
Karet
Bekas
|
50
|
200
|
1
|
900
|
Orang
|
100
|
12
|
18
|
21600
|
Penjemuran
|
Penimbangan
|
Karet
Bekas
|
50
|
600
|
1
|
900
|
Orang
|
100
|
11
|
18
|
19800
|
Penimbangan
|
Pencampuran
|
Karet
Bekas
|
50
|
100
|
1
|
900
|
Orang
|
100
|
8
|
18
|
14400
|
Pencampuran
|
Pemanasan/pemasakan
|
Karet
campuran
|
50
|
100
|
1
|
700
|
Orang
|
100
|
8
|
14
|
11200
|
Pemanasan/pemasakan
|
Pengepressan
|
Karet
olahan
|
50
|
250
|
1
|
700
|
Orang
|
100
|
8
|
14
|
11200
|
Pengepressan
|
Pembungkusan
|
Karet
olahan
|
50
|
200
|
1
|
700
|
Orang
|
100
|
9
|
14
|
12600
|
Pembungkusan
|
Shipping
|
Karet
olahan
|
50
|
300
|
1
|
700
|
Orang
|
100
|
10
|
14
|
14000
|
Total
|
150400
|
·
Alat
angkut : Orang
·
Kapasitas
Angkut : 50 Kg
·
Ongkos/m/gerakan : Rp. 100
1.2.10
Menentukan
Ongkos Material Handling ( OMH ) Revisi
Berikut
adalah table Ongkos Material Handling (OMH) jika seandainya alat angkut yang
dipergunakan sebelumnya (orang) diganti dengan alat angkut lori :
Tabel Ongkos Material Handling
(OMH)
Dari
|
Ke
|
Nama Komponen
|
Potongan Material (Kg)
|
Produk perjam (Kg)
|
Jumlah tiap bentuk
|
Berat Total ( kg )
|
Alat angkut
|
OMH Rp/m/gerakan
|
Jarak (m)
|
F
|
Total Ongkos ( Rp )
|
Receiving
|
Penghalusan
|
Karet
Bekas
|
50
|
500
|
1
|
1000
|
Lori
|
150
|
12
|
6,7
|
12060
|
Penghalusan
|
Pencucian
|
Karet
Bekas
|
50
|
300
|
1
|
900
|
Lori
|
150
|
12
|
6
|
10800
|
Pencucian
|
Penjemuran
|
Karet
Bekas
|
50
|
200
|
1
|
900
|
Lori
|
150
|
12
|
6
|
10800
|
Penjemuran
|
Penimbangan
|
Karet
Bekas
|
50
|
600
|
1
|
900
|
Lori
|
150
|
11
|
6
|
9900
|
Penimbangan
|
Pencampuran
|
Karet
Bekas
|
50
|
100
|
1
|
900
|
Lori
|
150
|
8
|
6
|
7200
|
Pencampuran
|
Pemanasan/pemasakan
|
Karet
campuran
|
50
|
100
|
1
|
700
|
Lori
|
150
|
8
|
4,7
|
5640
|
Pemanasan/pemasakan
|
Pengepressan
|
Karet
olahan
|
50
|
250
|
1
|
700
|
Lori
|
150
|
8
|
4,7
|
5640
|
Pengepressan
|
Pembungkusan
|
Karet
olahan
|
50
|
200
|
1
|
700
|
Lori
|
150
|
9
|
4,7
|
6345
|
Pembungkusan
|
Shipping
|
Karet
olahan
|
50
|
300
|
1
|
700
|
Lori
|
150
|
10
|
4,7
|
7050
|
Total
|
75435
|
·
Alat
angkut :Lori
·
Kapasitas
Angkut : 150 Kg
·
Ongkos/m/gerakan : Rp. 150
BAB
II
ANALISA
Berdasarkan dari pengolahan data yang telah
dilakukan maka diperoleh hasil sebagai berikut :
Tabel
Rekapitulasi OMH 1000
Kg/hari dengan bahan baku karet bekas
Jenis Alat angkut
|
Cara Perusahaan
|
Hasil Penelitian
|
Menggunakan Orang
|
Rp. 150.400,-
|
Rp. 150.400,-
|
Menggunakan Lori
|
-
|
Rp. 75.435,-
|
Penghematan Biaya
|
-
|
Rp. 74.965,-
|
1.
Ongkos Material
Handling (OMH) tata letak fasilitas (ARD) yang ada diperusahaan adalah Rp.
150.400,-
2.
Dari pengolahan
data yang telah dilakukan ternyata tidak bisa merubah tata letak fasilitas
(ARD), hal ini terjadi dengan pertimbangan keadaan tempat tidak memungkinkan
untuk adanya perubahan dikarenakan sumber air yang digunakan untuk mencuci
bahan tidak mungkin dipindahkan, kemudian tempat penjemuran yang adapun tidak
mungkin dipindahkan karena tempat tersebut mempunyai penyinaran matahari yang
sempurna, guna menyempurnakan proses pengeringan bahan.Sehingga dengan demikian
Ongkos Material Handling (OMH) tidak
berubah atau sama yaitu Rp. 150.400,-.
3.
Selain jarak
antara departemen yang ada, yang akan mempengaruhi Ongkos Material Handling
(OMH) adalah fasilitas alat angkut yang digunakan, karena tiap jenis alat
angkut akan menimbulkan Ongkos Material Handling (OMH) yang berbeda.
Dari hasil pengolahan data yang dilakuka didapat
kesimpulan bahwa dengan mengganti alat angkut yang sebelumnya menggunakan
tenaga manusia kemudian digantikan Lori ternyata dapat meminimumkan Ongkos
Material Handling (OMH), walaupun ada penambahan investasi untuk pembelia alat
angkut tersebut. OMH/hari yang ditimbukan adalah sebesar Rp. 75.435,-.
Terdapat penurunan sebesar Rp. 74.965,- /hari
seandainya satu tahun adalah 250 hari kerja, maka denga menggunakan Lori dapat
meminimumkan Ongkos Material Handling (OMH) :
250 hari kerja X Rp. 74.965,-=
18.741.250
Jika harga 1 unit Lori adalah Rp. 7.000.000,- maka
tidak lebih dari satu tahun investasi Lori dapat dikembalikan dalam waktu ±
setengah tahun. Jika umur Lori 5 tahun maka empat setengah tahun berikutnya
menjadi keuntungan perusahaan.
Casinos Near by - Mapyro
BalasHapusThis map 계룡 출장샵 shows casinos and other gaming facilities located near 부천 출장마사지 or 전주 출장안마 close to 경상북도 출장샵 Casinos Near by in Ohio. Casinos Near Casinos in Columbus, OH. 남양주 출장안마